23 Mei 2013

Kemampuan IPA dan Matematika Siswa Indonesia Nomor 38 dari 39 Negara

Meski tak sedikit siswa Indonesia yang mampu menjuarai olimpiade Matematika dan IPA di tingkat internasional, ternyata secara umum kemampuan siswa Indonesia di dua bidang itu sangat minim. Terbukti, berdasar laporan International Educational Achievement (IEA, lembaga pengukur hasil pendidikan IPA dan Matematika di dunia) kemampuan bidang IPA dan matematika peserta didik SMP Indonesia berada di urutan 38 dari 39 negara yang disurvei.

Hal ini ditegaskan Sri Hidayati dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di seminar yang diselenggarakan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Tengah di Hotel Solo Paragon.

Hasil pengukuran Third (kini Trends) International in Mathematics and Science Study (TIMSS) juga menunjukkan bahwa kemampuan matematika peserta didik SMP berada di urutan 34 dari 38 negara, dan kemampuan IPA berada di urutan ke-32 dari 38 negara.

"Selama ini hasil pendidikan kita terbukti belum memuaskan. Karena itu perlu ada upaya untuk memperkuat kurikulum IPA. Sehingga bisa memperbaiki tingkat kualitas hasil belajar dan dimensi hasil belajar peserta didik," jelas dia.

Sumber :http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/03/04/111366/Kemampuan-IPA-dan-Matematika-Siswa-Indonesia-Nomor-38-dari-39-Negara

1 komentar:

  1. Topik: Walamak! kenapa bisa begitu? bukankah orang indonesia gurunya pintar pintar dan tidak memnetingkan gaji?

    BalasHapus

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Buku Murah

Masukkan Code ini K1-BE118B-2 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Recent Post