25 Mei 2012

Bahasa Indonesia Untuk Siswa Bodoh, Bahasa Inggris Untuk Siswa Pintar

Sebanyak 64,5% dari 154,079 siswa SMA/MA yang tidak lulus Ujian Nasional harus mengulang satu mata pelajaran. Ternyata Bahasa Indonesia dan Biologi adalah mata pelajaran yang paling banyak diulang oleh siswa., kata Mendiknas Muh. Nuh (SM,27 April 2010).
Selain itu banyaknya siswa SMP di Jawa-Tengah yang tak lulus ujian nasional cukup mencengangkan banyak kalangan. Ironisnya, sebagian besar diantaranya tak lulus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional (SM, 17 Mei 2010).
Apakah sudah tidak penting lagi berbahasa Indonesia ? mungkin ini pendapat sebagian kecil masyarakat yang sudah tidak lagi menpunyai jiwa nasionalisme. Bahasa Indonesia yang hanya dipandang sebelah mata berangsur-angsur bangsa ini akan kehilangan jati diri. Sementara Jepang dan China bisa menguasai sebagian perekonomian dunia karena dengan bahasa mereka sendiri. Bangsa china dan bangsa Jepang adalah bangsa yang paling jelek menggunakan bahasa inggris. Lain lagi Bangsa Indonesia yang memuja-muja bahasa asing (Inggris) malahan membuat perekonomian amburadul, banyak lulusan sarjana menjadi penggangguran dan para penegak hukum tidak bisa membaca dengan benar Kitab Undang-Undang Hukum Perdata/Pidana (KUHP).
Diperparah lagi, dibeberapa sekolah favorit atau Rintisan Sekolah Berstandard Internasional (RSBI) dalam menjaring siswa baru selalu mewajibkan calon siswa bisa berbahasa inggris dengan baik. Siswa yang tidak bisa berbahasa Inggris dilarang ikut mendaftar sekolah RSBI. Dalam proses pembelajaran di semua mata pelajaran, RSBI menggunakan komunikasi Bahasa Inggris. Sekolah yang demikian ini menganggap Bahasa Inggris lebih penting daripada Bahasa Indonesia.
Sekolah yang hanya memilih siswa yang bisa berbahasa Inggris telah melanggar UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Pemujaan bahasa asing dalam pendidikan tidak akan membuat bangsa bisa percaya diri, tetapi akan berkibat menjadi bangsa yang selalu ketergantungan dengan bangsa asing.
Dengan demikian bahwa Bahasa Indonesia untuk siswa bodoh dan Bahasa Inggris untuk siswa pintar. Akibatnya dibeberapa daerah banyak siswa tidak lulus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Disamping itu juga berakibat pada para penegak hukum sering salah dalam memahami arti pasal-pasal dalam KUHP atau memang pintar dalam memutarbalikan makna ayat-ayat. Mestinya pesakitan terkena hukuman, tetapi banyak tersangka yang bebas dari segala sanksi.
Pemerhati Pendidikan

13 komentar:

  1. brarti bhs inggris hrs bnr2 ditingkatin lagi d dunia pnddkan ya...



    Miss Rinda - Personal Blog

    BalasHapus
  2. Apa yang salah ya sama dunia pendidikan Indonesia... Klo bahasa Ibunya aja dah ga lulus...

    BalasHapus
  3. yeah language is important not impotent ....

    best of all is you can understand on what people talkin about in all over the world...

    even god has own language isnt it?

    keep learning..:)

    BalasHapus
  4. Ironis memang...
    Semoga menjadi perhatian semua pihak deh :)
    Khususnya generasi penerus bangsa...

    BalasHapus
  5. Saya malah bermimpi bahasa Indonesia jadi bahasa dunia.....

    BalasHapus
  6. wah jangan ngina diri sendiri brow...hahahaaaa
    piece...met ngeblog aja...brow

    BalasHapus
  7. wow!!


    Kedengaran gimanaaaaaaaaaaaaa gitu.., :D

    BalasHapus
  8. Mungkin sebagian siswa tidak terlalu mementingkan belajar Bahasa Indonesia Pak, tetapi lebih mementingkan belajar Bahasa Asing ..... jadi mereka terlena, padahal Bahasa  Indonesia adalah Bahasa Persatuan Kita, hehehe....
    Salam Lestari Buana Nusantara

    BalasHapus
  9. saya kutip: " Sementara Jepang dan China bisa menguasai sebagian perekonomian dunia karena dengan bahasa mereka sendiri. "
    mereka begitu dengan kemajuan teknologi nya yang pesat juga. wajar. SDM di sana memadai. coba di indonesia, tenaga kerja (sdm) yang pintar-pintar tidak dihargai disini, mereka lebih memilih diluar negeri yang lebih menghargai. dengan demikian, bagaimana orang mau menghargai bahasanya sendiri kalo negaranya sendiri saja tidak menghargai SDMnya?

    no offense

    BalasHapus
  10. kunjungan gan .,.
    saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
    dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Buku Murah

Masukkan Code ini K1-BE118B-2 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Recent Post