25 Februari 2009

Menara Tertinggi di Dunia, Menara Jakarta 558 Meter.


Indonesia akan memiliki menara tertinggi di dunia. Proyek pembangunan menara yang menelan biaya Rp 3 triliun itu pondasi yang telah selesai, tetapi sempat terhenti karena dampak krisis moneter tahun 1998. Pembangunan  menara ini tahun 2012 akan dievaluasi dan dirampungkan tahun 2013. Ide pembangunan menara ini berawal dari mantan Presiden Soeharto tahun 1994, sebagai menara telekomunikasi dan multimedia yang didukung fasilitas Mal, kantor, pariwisata dan Ikon Nasional lainnya.

Sebelumnya, tahun 1996 diadakan sayembara desain yang dimenangkan Murphi/Iohn dari Amerika Serikat. Namun karena desainnya terlalu mahal untuk dikembangkan, akhirnya pemerintah memilih desain dari pemenang kedua yaitu karya East Chine Architecture Design & Research Institut (ECADI), karena desain kedua ini dianggap lebih sederhana dan benuansa Asia.

Peresmian pembangunan dilakukan tahun1997 oleh Gubernur Jakarta Soerjadi Soedirdja dan Mensesneg Moerdiono, setelah disetujui Presiden Soeharto di Bina Graha, Jakarta. Presiden mengusulkan agar Menara Jakarta diganti menjadi Menara Trilogi.

Pembangunan dimulai pada masa Gubernur Soerjadi Soedirdja, setelah terhenti karena krisis maka dilanjutkan pada masa Gubernur Sutiyoso, namun perkembangannya sangat lamban. Baru pada masa Gubernur Fauzi Bowo, pembangunan mulai di kerjakan lagi dengan Visi “Sentra Gaya Hidup”. Menara dibangun diatas tanah seluas 306,810 m2, luas gedung 40,550 m2 dan tinggi 558 meter.
(Suara Merdeka, 19 Pebruari 2009).

Seandainya Menara Jakarta benar-benar terwujud, Indonesia semakin lengkap dalam hal “TertinggI”. Bidang-bidang yang masuk lavel 5 tertinggi didunia adalah : Jumlah rakyat miskin tertinggi, jumlah TKI/TKW keluar negeri tertinggi, jumlah rakyat buta aksara dan buta huruf tertinggi, jumlah kerusuhan tertinggi, jumlah pulau tertinggi, jumlah pabrik narkoba tertinggi, jumlah penduduk tertinggi, jumlah pengangguran tertinggi, jumlah pengguna situs porno tertinggi, jumlah kendaraan tertinggi, jumlah haji tertinggi dan jumlah koruptor tertinggi.

Sementara yang terendah adalah kualitas pendidikan, yaitu kemampuan membaca siswa SD menduduki urutan ke 26 dari 27 negara yang di survey, serta kemampuan matematika siswa SMP menduduki urutan ke 34 dari 39 negara yang di survey.
(Suara Merdeka, 2 April 2009).

Sungguh ironis, dimana rakyat antri berebut sedekah, infaq, zakat dan beras raskin hingga terjadi korban tewas, sementara pemerintah menggelontorkan dana 3 triliun hanya untuk menanam besi beton di tengah-tengah metropolitan. Dengan terwujudnya Menara Jakarta, tentunya rakyat miskin hanya bisa menikmati lewat media masa dan melihat dari kejauhan, dan dipastikan rakyat miskin tidak merasakan bangga sedikitpun dengan adanya Menara Jakarta. Karena, dengan perasaan bangga tidak akan membuat perut menjadi kenyang, bahkan mungkin sebaliknya perut menjadi mual, mules dan keroncongan.

Penulis : Asim Sulistyo.



14 komentar:

  1. Wah..duwur banget... kayak hutangnya indonesia tinggi sekali ya...

    BalasHapus
  2. Menara yanga sangat tinggi, mantap, semoga segera selesai sesuai rencana.

    BalasHapus
  3. baru tau nich.. ternyata indonesia punya kekayaan lain.. menara tertinggi di dunia..

    BalasHapus
  4. sekarang sudah 2010 nih, 2012 sebentar lagi, menara jakarta itu di jakarta mana ya?

    BalasHapus
  5. sekarang sudah 2010 nih, 2012 sebentar lagi, menara jakarta itu di jakarta mana ya?

    BalasHapus
  6. gimana caranya mendapatkan lagu terbaru....
    yang baru di buat.....
    thanks.

    BalasHapus
  7. mending duitnya buat rakyat miskin aja yachhh...

    BalasHapus
  8. Buat apa punya menara tertinggi di dunia, sedangkan hutang negara juga tertinggi??

    BalasHapus
  9. pemerintah sukanya ngutang tapi males ngebayar

    BalasHapus
  10. bagus uangnya di bagikan ke panti asuhan dari pada membuat menara tertinggi...bilang tuch ke presiden..

    BalasHapus
  11. mending duitnya buat rakyat miskin aja yachhh...

    BalasHapus
  12. di bagikan ke panti asuhan dari pada membuat menara tertinggi...bilang tuch ke ke!

    BalasHapus

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Buku Murah

Masukkan Code ini K1-BE118B-2 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Recent Post