01 Februari 2009

Puisi "Kambing Hitam" Kisah Anak SMP Tak Lulus


KAMBING HITAM

Tenggelam di air keruh

Seberapa nilai jiwa
Ada pada diri

Aku tak bisa menolak

Aku tak mampu menghindar
Jiwaku tak aka bisa di tukar
Dan aku dilahirkan
Dari ibu seorang……

98 pertanyaan aku jawab dengan baik
Tapi, 2 pertanyaan yang aku tak bisa
Siapa ayahku…..
Berapa bapakku…

Dimana aku melantun kaki
Ditapak kaki aku melihat
Semua makhluk menghinaku,
Kecuali ibuku

Semua orang mentertawakanku
Katanya, aku anak ….
Di istana suci itu
Aku tak boleh jadi makmum
Di barisan aku dicampakan
Dilepas sarungku, dibuang di tong sampah
Di haramkan masuk istana suci

Ku ingin bisa membaca
Ayat demi ayat
Ku coba dengarkan suara imam
Dari balik jendela
Tapi, kudengar olok-olok anjing

Dimana….
Siapa……
Anjing yang sebenarnya

Antara bening dan hening
Terasa masgul hatiku
Ku coba menuntut jejak
Jejak anak sekolah
Di gedung yang megah

Di sekolah tak punya teman
Tak ada yang mau duduk denganku
Mereka bilang…
Aku anak haram

Tiga kali pindah sekolah
Tiga kali aku diusir sekolah
Karena aku tak ada duit
Karena ibuku seorang ….

Hanya 2 pertanyaan
Yang membuatku diusir
Siapa ayahku…
Berapa bapakku…

Aku mencintai ayah ibuku
Tapi,
Siapa ayahku…
Dan dimana ayahku…
Aku rindu ayah
Aku ingin tahu ayah
Akan kutunjukan pada alam semesta
Bahwa aku….punya ayah

Guruku adalah ayahku
Semua perintah ku jalankan dengan baik
Tapi, ….
Tapi ayah aku tidak lulus

Siapa yang salah
Dimana kambing hitam itu
Siapa kambing hitam lembaga ini..

Guruku yang baik
Guruku yang sombong
Guruku yang angkuh
Seperti gedung ini…

Aturan macam apa ?
Aturan-aturan yang menyesatkan
Siapa kambing hitam itu

Atau,
Aku sendiri yang pecundangnya ?
Ya…..
Akulah kambing hitam itu
Anak seorang …..p e l a c u r.

Sim' Mei 2006

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Buku Murah

Masukkan Code ini K1-BE118B-2 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Recent Post